Sains Terbaru Ungkap Penemu Benua Antarktika Bukanlah Orang Barat

By Utomo Priyambodo, Kamis, 17 Juni 2021 | 15:00 WIB
Jauh sebelum orang-orang Barat dilaporkan telah melihat Antarktika pada 1820, orang-orang pribumi Polinesia telah menemukan benua itu lebih dulu. (goinyk/Getty Images/iStockphoto)

 

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi sains terbaru menyebutkan bahwa manusia pertama yang menemukan benua Antarktika bukanlah para pelaut Barat. Menurut studi ini, penemu Antarktika adalah orang Polinesia yang menemukan benua terdingin di bumi tersebut 1.400 tahun yang lalu.

Dalam studi ini, para peneliti di Selandia Baru mempelajari sejarah lisan tentang seorang penjelajah Polinesia yang memata-matai sebuah benua pegunungan es yang tak tersentuh matahari. Untuk menemukan buktinya, mereka menyaring "sastra abu-abu," atau laporan sejarah yang tidak diterbitkan dalam jurnal peer-review, dan mengintegrasikannya dengan sejarah lisan dan karya seni pribumi Polinesia.

Penyelaman mendalam ke dalam sejarah pribumi tersebut mengungkapkan bahwa orang-orang Polinesia kemungkinan telah menemukan benua paling selatan itu lebih dari satu abad sebelum orang-orang Barat pertama kali melihatnya pada tahun 1820 seperti yang tercantum dalam sebagian besar laporan bersejarah.