Sains Terbaru, Isopoda Besar 'Darth Vader' Menghuni di Samudra Hindia

By Fadhil Ramadhan, Rabu, 30 Juni 2021 | 21:25 WIB
Isopoda rakasasa baru saja ditemukan. Spesies tersebut merupakan penghuni laut dalam. (Lee Kong Chian Natural History Museum)

Nationalgeographic.co.id—Hanya sedikit hal yang kita ketahui mengenai hal-hal mengejutkan tentang laut dalam. Laut dalam adalah lapisan terbawah dari lautan. Berada di bawah lapisan thermocline, pada kedalaman lebih dari 1828 meter.

 Cahaya dari permukaan tidak dapat menyentuh area laut dalam. Umat manusia lebih baik dalam hal memetakan permukaan Mars, daripada memetakan dasar laut.

Laut dalam adalah rumah bagi banyak makhluk yang dianggap tidak wajar. Makhluk yang ditemukan di jurang bawah laut seringnya mengejutkan para peneliti. Selalu ada fitur unik dan perilaku aneh yang dimiliki makhluk tersebut.

Sebuah ekspedisi di Samudra Hindia, tepatnya di lepas pantai Jawa, berhasil menemukan spesies isopoda baru yang luar biasa. ‘Bapak’ dari semua serangga laut raksasa baru saja ditemukan. Temuan tersebut memiliki ukuran yang besar dan mirip dengan tokoh film Star WarsDarth Vader