6.000 Penguin Terkecil di Dunia Musnah oleh Kedatangan Tasmanian Devil

By Utomo Priyambodo, Rabu, 23 Juni 2021 | 19:00 WIB
Penguin-penguin kecil. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.idTasmanian devil atau setan Tasmania telah mengalami masa sulit dalam 30 tahun terakhir akibat penyakit menular yang dikenal sebagai penyakit tumor wajah setan (devil facial tumor disease). Para ilmuwan dan konserviasionis telah mencoba berbagai teknik telah untuk menyelamatkan spesies tersebut.

Salah satu strategi yang pernah dilakukan adalah mengevakuasi sejumlah Tasmanian devil ke Setan Tasmania diangkut ke Pulau Maria, sebuah habitat kecil di sebelah timur Tasmania. Ini adalah sebuah upaya untuk membentuk populasi cadangan yang secara fisik terpisah dari lokasi penularan penyakit tumor wajah setan.

Namun, sebuah penelitian terbaru dari BirdLife Tasmania tampaknya menunjukkan bahwa strategi tersebut telah mendatangkan malapetaka pada hewan lain. Perlu diketahui, Pulau Maria merupakan tempat perlindungan bagi ribuan penguin kecil atau Eudyptula minor. Mereka adalah penguin terkecil di bumi. Mereka merupakan burung yang hidup di tanah dan berkembang biak.

Sayangnya, ukurannya yang kecil dan pertahanan yang lemah membuat mereka menjadi mangsa yang mudah bagi para pendatang baru di pulau itu. Para Tasmanian devil yang dibawa ke pulau itu diperkirakan telah memusnahkan populasi perkembangbiakan sekitar 6.000 penguin kecil tersebut.

Baca Juga: Setelah 3.000 Tahun, Tasmanian Devil Lahir Lagi di Daratan Australia