Memahami Peran Mikrobioma dalam Kehidupan dan Tradisi Rempah Nusantara

By Yussy Maulia, Sabtu, 26 Juni 2021 | 17:06 WIB
Ilustrasi rempah-rempah Nusantara. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id – Kehidupan manusia tak terlepas dari peran mikrobioma. Makhluk hidup yang tak kasat mata ini telah hidup bersemayam dalam tubuh manusia sejak lahir.

Menurut publikasi National Human Genome Research Institute, mikrobioma didefinisikan sebagai kumpulan genom mikroba yang hidup di dalam tubuh manusia, hewan, dan tumbuhan.

Mikrobioma yang terdapat dalam tubuh manusia (human microbiome) terdiri dari bakteribakteriofag, jamur, protozoa, dan virus. Jumlahnya 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah sel tubuh manusia.

Dengan jumlahnya yang begitu banyak, setiap mikrobioma memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Sebagian mikrobioma bersifat baik, sebagian lainnya bersifat jahat.

Baca Juga: Pentingnya Merawat Kesehatan Mental Untuk Menghindari Migrain Kronis

Mikrobioma dalam tubuh manusia paling banyak ditemukan dalam sistem pencernaan (guts microbiome). Oleh karenanya, jenis makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi komposisi mikrobioma dalam pencernaan.

Terkait makanan, masyarakat Indonesia telah menjadikan rempah-rempah sebagai bagian penting dari sajian kuliner. Hal itu tak mengherankan karena ragam rempah tumbuh subur di seluruh Nusantara. Bahkan, rempah Nusantara dipandang begitu berharga dan menjadi incaran dunia pada masanya.

Tanpa disadari, budaya mengonsumsi rempah rupanya memiliki pengaruh terhadap keseimbangan mikrobioma dalam tubuh masyarakat Indonesia.

Selain rempah, mikrobioma juga terlibat dalam banyak pengolahan makanan tradisional di Indonesia. Salah satunya tempe yang melibatkan bakteri asam laktat dalam proses fermentasinya.

Baca Juga: Kayu Manis, Bagaimana Kitab Suci dan Kita Memuliakan Rempah Ini?

Keterlibatan bakteri dalam proses pembuatan tempe rupanya menghasilkan senyawa bioaktif seperti zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Dengan demikian, mikrobioma dapat berperan dalam menjaga keseimbangan pusparagam kuliner Nusantara.