Seorang Perempuan Tak Sadar Ada Dua Potongan Sumpit di dalam Wajahnya

By Utomo Priyambodo, Rabu, 30 Juni 2021 | 17:28 WIB
Seorang perempuan di Taiwan tidak sadar ada dua potongan sumpit yang bersarang di sinus wajahnya selama seminggu. Potongan sumpit itu cukup panjang, 3 cm dan 5 cm. (Elsevier 2021)

Nationalgeographic.co.id—Seorang perempuan di Taiwan tidak sadar bahwa terdapat dua potongan sumpit yang bersarang di sinus wajahnya selama seminggu. Sinus merupakan rongga-rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Rongga-rongga kecil ini ada di sekitar wajah, antara lain di bagian hidung, bawah rongga mata, pipi, dan dahi.

Seminggu sebelum dua potongan sumpit ditemukan di wajahnya, perempuan berusia 29 tahun itu sebenarnya sempat pergi ke ruang gawat darurat. Dia harus dirawat di ruang gawat darurat setelah "diserang oleh saudara perempuannya dengan sumpit kayu plastik saat berada di meja makan," menurut laporan studi kasus yang diterbitkan di The Journal of Emergency Medicine pada 24 Juni 2021. 

Perempuan itu mengatakan bahwa dia mengalami mimisan ringan dan bengkak di mata kirinya setelah serangan tersebut. Tim dokter melihat bahwa perempuan itu memiliki dua luka kecil di bawah mata kiri dan di hidungnya. Akan tetapi, hasil pemindaian X-ray tidak menunjukkan sesuatu yang tidak biasa.

Namun, satu minggu kemudian, perempuan itu mulai curiga bahwa lukanya lebih serius daripada yang terlihat.