Arkeologi Eridu di Irak, Inilah Taman Eden dan Kota Tertua Sejagat

By Fadhil Ramadhan, Kamis, 1 Juli 2021 | 16:28 WIB
Tulisan Sumeria di British Museum. (Thiago H. de Paula Figueiredo)

Nationalgeographic.co.id—Saat ini, Eridu sering dianggap sebagai salah satu pemukiman permanen tertua di Mesopotamia, bahkan bisa jadi tertua di dunia. Orang Sumeria kuno juga percaya bahwa Eridu adalah kota pertama di dunia. Mereka mendokumentasikan kepercayaan tersebut ke dalam Sumerian King List dan Eridu Genesis. Setidaknya 18 lapisan pemukiman ditemukan di situs tersebut. Lokasinya di Irak.

Bangsa Sumeria kuno sendiri menyebutkan peninggalan kuno Eridu. Dalam Sumerian King List, misalnya, tertulis bahwa “Setelah kerajaan turun dari surga, kerajaan berada di Eridug.” Selain itu, dalam mitos penciptaan yang dikenal sebagai Eridu Genesis, konon merupakan salah satu dari lima kota yang ada sebelum peristiwa Air Bah. Kota lainnya adalah Bad-Tibira, Larak, Sippar, dan Suruppak.

Bukti arkeologis menunjukkan, bahwa struktur paling awal berasal dari milenium ke-6 SM. Kota Eridu mencapai puncaknya selama milenium ke-4 SM dan terus dihuni sampai sekitar abad ke-7 SM. Namun pada saat itu, kota tersebut telah kehilangan nilai-nilainya. Eridu sekarang dikenal sebagai Tell Abu Shahrain, terletak sekitar 20 km di barat daya Kota Ur. Situs arkeologi ini adalah sebuah gundukan besar yang terbentuk selama ribuan tahun.

Eridu telah lama dianggap sebagai kota paling awal di Mesopotamia selatan dan sampai sekarang masih dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia. Kawasan ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. (Wikimedia)