Seorang Pria Menemukan Sumur Berusia 500 Tahun di Bawah Rumahnya

By Fadhil Ramadhan, Jumat, 2 Juli 2021 | 19:03 WIB
Pria asal Plymouth, Inggris, bernama Colin Steer tidak sengaja menemukan sumur di bawah karpet rumahnya. (Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Seorang pria tua asal Plymouth, Inggris, bernama Colin Steer tidak sengaja menemukan sumur di bawah karpet rumahnya. Dia pun langsung melakukan mendekorasi ruang tamunya. Colin meyakini sumur di bawah ruang tamunya berusia 500 tahun.

Colin telah menghabiskan sepuluh tahun terakhir untuk menggali sumur, setelah dia melihat terdapat tanda-tanda mencurigakan dari balik karpetnya. Awalnya dia khawatir bahwa di bawah sana terdapat kuburan yang berisi mayat. Lalu Colin menemukan fakta bahwa sumur yang ditemukannya berasal dari tahun 1500-an.

Colin menemukan pedang abad pertengahan setelah melakukan penggalian di bawah rumahnya. "Sejak saya mulai menggali sumur, saya telah menemukan koin produksi tahun 1725,” terang Colin. "Namun, bisa saja, koin tersebut hanya terjatuh ke dalam sana. Bukan berarti sumur tersebut dibangun pada tahun segitu.”

“Ketika saya menggali sedalam 5 kaki ke bawah, saya menemukan sesuatu yang tampak seperti sarung pedang berbahan kulit. Saya percaya bahwa sumur tersebut mungkin sudah ada sejak abad pertengahan,” kata Colin. “Bahkan, bisa jadi, sumur tersebut sudah ada dari sebelum abad pertengahan. Saat ini kami belum menemukan cara yang akurat untuk memastikannya.”

Pria berusia 70 tahun itu mengatakan bahwa rumah tersebut dibangun pada tahun 1895. Baru 10 tahun yang lalu ketika sedang mendekorasi, dia menemukan sebuah sumur. Colin menambahkan, "Rumah ini dibangun sekitar tahun 1895 dan kami pindah ke sini pada tahun 1988,” terang Colin.