Kuburan Kuno Berisi Kerangka Bayi Kembar Viking Ditemukan di Swedia

By Utomo Priyambodo, Selasa, 6 Juli 2021 | 14:53 WIB
Kuburan kuno orang-orang Viking yang ditemukan di Swedia. (Uppdrag arkeologi)

Nationalgeographic.co.id—Tujuh kuburan orang-orang Viking ditemukan di Kota Sigtuna, Swedia. Kuburan-kuburan ini menyimpan kerangka-kerangka yang masih terawetkan dengan baik, termasuk dua kerangka kecil yang kemungkinan milik bayi kembar.

Para arkeolog menemukan sisa-sisa jasad manusia berusia 1.000 tahun milik delapan orang di tujuh kuburan tersebut. Empat di antaranya adalah kerangka orang-orang dewasa dan empat lainnya kerangka anak-anak. Kemungkinan besar mereka adalah orang-orang Viking yang telah memeluk agama Kristen.

"Karakter Kristen dari kuburan-kuburan yang sekarang digali terlihat jelas dari bagaimana kuburan itu ditata," kata Johan Runer. Lelaki itu merupakan manajer proyek Uppdrag arkeologi, sebuah perusahaan pengelola sumber daya budaya, yang memimpin penggalian situs tersebut.

Sebagian besar orang di situ itu dikubur secara telentang dalam posisi timur-barat. Sedangkan orang-orang yang mengikuti kepercayaan tradisional Viking di daerah Swedia ini pada saat ini cenderung dikremasi, kata Runer.