Sejak Peristiwa Terbentuknya Bumi, Inilah Makhluk Tertua di Daratan

By Fadhil Ramadhan, Jumat, 23 Juli 2021 | 16:00 WIB
Temuan fosil Kampecaris obanensis millepede, makhluk pertama yang hidup di daratan. (British Geological Survey)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan percaya bahwa fosil kaki seribu yang ditemukan di Skotlandia, merupakan bukti dari hewan yang paling awal hidup di daratan. Hewan yang hidup di darat (terestrial) ini hidup kira-kira 425 juta tahun yang lalu. Ia merupakan serangga perintis bagi makhluk darat seisi bumi.

Dalam teorinya, bumi awalnya adalah sekumpulan air. Lalu campuran gas di atmosfer bercampur dengan sambaran petir, memungkinkan monomer seperti asam amino terbentuk secara spontan dan tumpah ke lautan. Ini dikenal sebagai teori sup primordial.

Sup primordial tersebut menciptakan sebuah kehidupan. Para spesies dalam filum arthropoda (meliputi serangga, laba-laba, krustasea, dan lipan) dianggap sebagai beberapa hewan pertama yang lahir dari peristiwa tersebut. Mereka kemudian menjelajah ke daratan.

Fosil makhluk mirip kaki seribu kuno, Kampecaris obanensis , pertama kali ditemukan pada tahun 1899 di pulau Kerrera, Skotlandia. Berdasarkan penanggalan radiometrik, hewan tertsebut telah hidup 425 juta tahun yang lalu. Hal tersebut  akan membuat makhluk berkaki banyak ini, menjadi hewan darat tertua yang pernah hidup.