Hari Ini Terjadi Fenomena Aphelion. Apa Dampaknya pada Bumi?

By Utomo Priyambodo, Selasa, 6 Juli 2021 | 16:00 WIB
Menikmati Matahari terbit di kejauhan. (Yunaidi Joepoet)

Nationalgeographic.co.id—Hari ini, 6 Juli 2021, telah terjadi aphelion, fenomena yang muncul setiap setahun sekali. Aphelion sendiri merupakan fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauhnya dari Matahari. Hal ini dikarenakan orbit Bumi tidak berbentuk lingkaran sempurna, tapi berbentuk elips dengan kelonjongan sekitar 1/60.

Jadi, setiap tahunnya Bumi akan berada pada jarak terdekatnya dengan Matahari, yang disebut sebagai fenomena perihelion, yang terjadi setiap Januari. Selain itu, Bumi juga akan berada pada jarak terjauhnya dari Matahari, yang disebut sebagai fenomena aphelion, yang terjadi setiap bulan Juli.

"Aphelion tahun ini terjadi pada tanggal 6 Juli 2021 pukul 05.27 WIB / 06.27 WITA / 07.27 WIT pada jarak 152.100.527 kilometer," tulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di laman resmi serta berbagai akun media sosial mereka.

Secara umum, menurut penjelasan LAPAN di laman resminya, tidak ada dampak yang signifikan dari fenomena aphelion pada Bumi. Meski begitu, B Mereka berasumsi bahwa saat Bumi berada pada jarak terjauhnya dari Matahari maka panas Matahari yang akan sampai ke Bumi jadi lebih sedikit.