Video Jelajah Alam: Berenang Bersama Hiu Paus Raksasa di Gorontalo

By Utomo Priyambodo, Kamis, 8 Juli 2021 | 09:00 WIB
Berenang bersama hiu paus di Botubarani, Gorontalo. (Ricky Martin/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Kehadiran hiu paus di perairan Teluk Tomini, Gorontalo, telah menjadi magnet pariwisata di daerah tersebut. Munculnya kawanan spesies laut berukuran besar bahkan raksasa di Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, itu telah menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan.

Tak hanya wisatawan lokal, turis mancanegara juga ramai mendatangi pesisir pantai itu demi melihat satwa laut yang bernama ilmiah Rhincodon typus tersebut. Fenomena hadirnya hiu paus di Botubarani bahkan pernah membuat salah satu perusahaan suplemen minuman membuat iklan mengenai satwa yang dikenal jinak itu di televisi.

Keseruan berenang bersama hiu paus menjadikan Pantai Botubarani dikunjungi ribuan orang selama periode kemunculannya. Bahkan banyak orang rela antre demi berenang atau sekadar melihat hiu paus dari atas perahu.

Jarak dari pesisir ke tempat hiu paus bermain hanya sekira 15 meter. Cukup mudah untuk dijangkau dengan berenang sebentar.

Baca Juga: Jelajah Akhir Pekan di Tangkahan, Tepian Taman Nasional Gunung Leuser

Saban hari, sebelum masa pandemi, Pantai Botubarani ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri hanya untuk melihat Rhincondon typus ini. Namun, tak sedikit pengunjung kecewa ketika datang tidak menemukan satwa air tersebut yang sejatinya telah dijadikan sebagai tujuan wisata favorit oleh pemerintah daerah setempat.

Akses ke Pantai Botubarani sangat mudah dari pusat Kota Gorontalo. Untuk mencapai pantai ini dari Kota Gorontalo, kita hanya perlu menempuh perjalanan darat sekitar 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Di Botubarani, selain bisa berkesempatan berenang atau berjuma dengan hiu paus, kita juga bisa menyaksikan keindahan laut dan pantainya. Botubarani jelas merupakan salah satu destinasi wisata Gorontalo yang paling spektakuler dan murah meriah. Mari saksikan pengalaman kami menjelajahi Botubarani dan berenang dengan hiu paus di sana dalam video berikut.