Prajurit Berpedang Abad Pertengahan Ditemukan di Dasar Danau Lituania

By Utomo Priyambodo, Kamis, 8 Juli 2021 | 10:00 WIB
Jasad prajurit berpedang abad pertengahan dan barang-barang lainnya ditemukan di dasar danau Lituania. (A. Matiukas)

Nationalgeographic.co.id—Lebih dari 500 tahun yang lalu, mayat seorang prajurit abad pertengahan tenggelam dan bersemayam di dasar danau Lituania. Selama berabad-abad mayat itu tersembunyi di bawah lumpur. Sekarang, sisa-sisa jasadnya yang terendam itu akhirnya ditemukan.

Kerangka itu ditemukan selama inspeksi bawah air di jembatan tua Dubingiai di Danau Asveja, Lituania timur. Meskipun kerangka itu terletak di bawah lapisan pasir dan lanau, tempat itu bukanlah lokasi penguburan, kata arkeolog Elena Pranckėnait, seorang peneliti dari Klaipėda University di Klaipda, Lituania, menurut Baltic News Service (BNS). Kemungkinan, arus air membawa sedimen pasir dan lanau sehingga menutupi sisa-sisa jasad prajurit tersebut dari waktu ke waktu.

Para ilmuwan dari Fakultas Kedokteran di Vilnius University di Vilnius, Lituania, memeriksa kerangka tersebut. Mereka melaporkan bahwa orang tersebut adalah laki-laki dan dia meninggal pada abad ke-16, meskipun mereka belum mengetahui mengapa dia meninggal, menurut BNS.

Senjata seperti pedang dan pisau serta barang-barang lain yang ditemukan dari dasar danau di dekat mayat itu mengisyaratkan status militer orang yang tewas itu, ujar Pranckėnait sebagaimana dikutip dari Live Science.