Elon Musk Mau Ubah Starship SpaceX Jadi Teleskop Luar Angkasa Raksasa

By Utomo Priyambodo, Jumat, 9 Juli 2021 | 15:16 WIB
Pemilik SpaceX dan CEO Tesla Elon Musk menunjukkan ekspresi unik setelah tiba di karpet merah untuk penghargaan Axel Springer, di Berlin, Jerman. (REUTERS/Hannibal Hanschke/Pool)

Nationalgeographic.co.idElon Musk, CEO SpaceX, baru-baru ini menyatakan bahwa Starship SpaceX dapat diubah menjadi "teleskop besar" dengan resolusi 10 kali lipat dari Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA. Pengungkapan baru-baru ini menunjukkan bahwa miliarder itu masih memiliki banyak ide ambisius untuk memodifikasi pesawat luar angkasa perusahaannya itu.

Starship SpaceX mungkin bisa digunakan untuk membawa astronaut ke permukaan Bulan lagi sejak misi Apollo, membersihkan orbit planet kita yang semakin tercemar, dan membantu pembentukan kota metropolitan di Mars. Namun Musk sekarang telah menyatakan bahwa dia ingin membawa pengamatan astronomi ke abad kedua puluh satu.

Keinginan Elon Musk untuk mengubah pesawat luar angkasa SpaceX itu menjadi teleskop luar angkasa terungkap dalam sebuah percakapan di media sosial kemarin, 8 Juli 2021. Ketika itu seorang pengguna Twitter dengan nama akun @ChrisG_NSF mengajukan pertanyaan tentang Starship SpaceX kepada Elon Musk.

"Sudahkah Anda melihat varian Starship yang pada dasarnya adalah roket riset juga?," tanya netizen itu di Twitter.