Ahli Biologi Kelautan Temukan Hiu Greenland Tertua, Usianya 400 Tahun!

By Fadhil Ramadhan, Senin, 12 Juli 2021 | 19:30 WIB
Seekor hiu Greenland sedang berenang menyusuri perairan dingin Kutub Utara dan Atlantik Utara dengan perlahan. (Julius Nielsen/University of Copenhagen)

 

Nationalgeographic.co.id–Menururt para ilmuawan, vertebrata (hewan bertulang belakang) yang hidupnya paling lama di muka bumi, sejauh ini, adalah Hiu Greenland.

Para peneliti menggunakan penanggalan radiokarbon dari protein pada mata untuk menentukan usia sebanyak 28 ekor hiu Greenland. Mereka menemukan bahwa salah seekor hiu Greenland betina, diperkirakan berusia sekitar 400 tahun. Pemegang rekor vertebrata tertua sebelumnya adalah paus kepala busur, yang diperkirakan berusia 211 tahun.

Dalam tradisi Inuit, daging beracun hiu Greenland memiliki kandungan urea yang tinggi, yang memunculkan legenda Skalugsuak, hiu Greenland pertama. Dalam legenda Inuit itu dikisahkan seorang wanita tua mencuci rambutnya dengan air seni, kemudian mengeringkannya dengan kain. Kain itu ditiup ke laut menjadi Skalugsuak. Namun, ada legenda lain yang menceritakan tentang seorang gadis yang ayahnya memotong jarinya saat menenggelamkannya. Kemudian masing-masing jari berubah menjadi makhluk laut, termasuk Skalugsuak.Hiu Greenland berperan dalam kosmologi Inuit dari Arktik Timur. Igloolik Inuit percaya bahwa hiu hidup di dalam pot urin Sedna, dewi laut. Akibatnya, daging hiu ini berbau seperti urin, dan bertindak sebagai roh penolong bagi para syaman.