Spesies Pertama yang Menderita Kiamat Asteroid 66 Juta Tahun Silam

By Fadhil Ramadhan, Senin, 19 Juli 2021 | 16:00 WIB
Para peneliti menemukan fosil ikan yang cukup utuh. Diduga ikan tersebut berasal dari zaman ketika asteroid besar memusnahkan dinosaurus. (UC Berkley/Robert DePalma)

 

Nationalgeographic.co.id—Bayangkan detik ini terjadi sebuah peristiwa yang begitu dahsyat, yang memusnahkan 75 persen dari makhluk hidup di Bumi. Lebih besar dari kematian 50 persen penduduk bumi, seperti yang dilakukan oleh tokoh Marvel, Thanos.

Peristiwa semacam itu terdengar seperti cerita di film bergenre fiksi-ilmiah. Namun, padakenyataannya, itulah yang terjadi ketika periode Cretaceous berakhir dengan ledakan besar pada 66 juta tahun yang lalu. Ledakan yang membinasakan hampir seluruh penghuni Bumi, termasuk dinosaurus.

Dipercaya secara luas, bahwa sebuah asteroid atau komet yang dikenal sebagai Chicxulub Impactor menghantam bumi, tak jauh dari tempat yang sekarang disebut Yucatán, Meksiko.

Peristiwa tersebut pada akhirnya mendatangkan malapetaka pada keanekaragaman hayati di planet bumi. Saat ini, penemuan baru di North Dakota membuka misteri spesies pertama, yang merasakan dampak dari peristiwa yang menghancurkan tersebut.