Paleontolog Mengidentifikasi Spesies Dinosaurus Baru di Spanyol

By Eric Taher, Rabu, 14 Juli 2021 | 16:15 WIB
Ilustrasi dari Portellsaurus sosbaynati yang ditemukan di Spanyol. (Santos-Cubedo et al./PLOS ONE)

 

Nationalgeographic.co.id—Sebuah fosil dinosaurus telah teridentifikasi sebagai spesies dinosaurus baru. Oleh para paleontolog Universitas Jaume I, spesies baru ini dinamai Portellsaurus sosbaynati.

Nama Portellsaurus diambil dari nama tempat fosil ini ditemukan, yakni di Kabupaten Portell, Provinsi Castellon, Spanyol. Sementara itu, nama sosbaynati merupakan penghormatan terhadap Vicente Sos Baynat, geolog dan doktor honoris causa pertama dari Universitas Jaume I.

Proses identifikasi tersebut dilakukan melalui analisis terhadap tulang rahang bawah yang ditemukan di Portell. Fosil ini ditemukan pada 1998 oleh Miquel Guardiola, Julian Yuste, dan Silvia Fabregat. Penemuan dari fosil ini menambah daftar panjang dari spesies dinosaurus yang ditemukan di Semenanjung Iberia, yang meliputi dinosaurus berjempol tajam Iguanodon dan pemakan ikan Baryonyx.

"Kami menduga ini adalah spesies baru, tetapi kami tidak pernah punya waktu untuk mempelajarinya," kata Andres Santos-Cubedo, paleontolog Universitas Jaume I yang turut terlibat dalam penelitian ini, kepada surat kabar La Vanguardia.

Namun, kesempatan tersebut akhirnya datang di kala pagebluk Covid-19. "Kami tidak bisa melakukan ekskavasi di lapangan," katanya. Oleh karena itulah, mereka menggunakan waktu tersebut untuk meneliti fosil rahang tersebut.