Sebening Kristal, Banyak Cara Kupu-Kupu dan Ngengat Menjadi Transparan

By Ricky Jenihansen, Selasa, 13 Juli 2021 | 22:00 WIB
Sayap transparan Greta oto, kupu-kupu bersayap kaca. (David Tiller/COSMOS)

Nationalgeographic.co.id—Tim interdisipliner yang terdiri dari ahli ekologi, biologi dan fisikawan baru-baru ini melakukan penelitian komprehensif mengenai lepidoptera (Ordo yang mencakup ngengat dan kupu-kupu) yang memiliki sayap transparan.

Seperti diketahui, kupu-kupu dan ngengat memiliki sayap yang indah, seperti kupu-kupu raja dengan warna oranye cerahnya, kupu-kupu ekor layang-layang yang memiliki garis-garis cerah atau hijau cerah ngengat layang-layang.

Namun, kita jarang memperhatikan, beberapa kupu-kupu dan ngengat mengepak dengan sayap yang dramatis. Bagian dari sayap, atau dalam beberapa kasus seluruh sayapnya sebenarnya transparan.

Hal itulah yang membuat tim tersebut tertarik untuk melakukan penelitian terhadap transparansi yang dimiliki beberapa jenis kupu-kupu dan ngengat. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Ecological Monographs dari Ecological Society of America pada 7 Juli 2021.

Spesies Arctornis dengan perut hijau dan urat sayap hijau. Sayap sangat transparan sehingga kita dapat melihat tanda dinding . Ngengat ini tertarik dengan lampu malam di hutan hujan tropis dataran rendah Tawau Hills Park, Sabah, Malaysia (Kalimantan). (PROJECT NOAH)