Ikan Mas yang Dibuang ke Danau Tumbuh Raksasa dan Jadi Malapetaka

By Utomo Priyambodo, Rabu, 14 Juli 2021 | 14:22 WIB
Ikan mas yang dilepas di danau bisa tumbuh jadi ikan raksasa. (City of Burnsville)

Nationalgeographic.co.idIkan mas yang dilepaskan ke danau dapat tumbuh beberapa kali dari ukuran biasanya dan menjadi raksasa. Pertumbuhan ikan mas secara tidak biasa ini mendatangkan malapetaka pada spesies asli, menurut pejabat di Burnsville, sekitar 24 kilometer selatan Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat.

"Tolong jangan lepaskan ikan mas peliharaan Anda ke telaga dan danau!" tulis akun pemerintah Kota Burnsville di Twitter pada hari Jumat lalu.

"Mereka tumbuh lebih besar dari yang Anda perkirakan dan mengotori sedimen dasar dan mencabut vegetasi, berkontribusi pada kualitas air yang buruk," cuit mereka.

Para petugas di Kabupaten Carver (Carver County) yang berdekatan dengan Burnsville memindahkan hingga 50.000 ikan mas dari saluran air lokal pada November lalu. Menurut Paul Moline, manajer pengelolaan air county tersebut, ikan mas "adalah spesies yang belum dipelajari" dengan "potensi signifikan untuk sangat mempengaruhi kualitas air danau."

Ikan mas, seperti ikan karper, dapat dengan mudah berkembang biak dan hidup di lingkungan rendah oksigen sepanjang musim dingin di Minnesota. Departemen Sumber Daya Alam Minnesota memperingatkan, "Beberapa ikan mas mungkin tampak seperti tambahan yang tidak berbahaya bagi badan air setempat, tetapi sebenarnya tidak."