'Penguin Monster' Julukan Temuan Fosil Penguin Setinggi Manusia

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 25 Juli 2021 | 20:00 WIB
Penguin raksasa, seperti kumimanu ini, pernah hidup di Selandia Baru sekitar 60 juta tahun silam. Penguin jauh lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya. Evolusi mereka mungkin berasal dari zaman dinosaurus. Berdasarkan temuan fosil kakinya, peneliti memperkirakan tinggi penguin ini mencapai 1,5 meter. Canterberry Museum menjulukinya 'Penguin Monster'. (Mark Witton)

 

Nationalgeographic.co.id—Sisa-sisa tulang fosil penguin raksasa seukuran manusia telah ditemukan di Selandia Baru. Penguin ini diyakini hidup di Zaman Paleosen antara 66 dan 56 juta tahun yang lalu.

Dikutip dari Live Science, spesies baru penguin tersebut dinamakan Crossvallia waiparensis. Hewan ini juga dijuluki "penguin monster" oleh Museum Canterbury, hal ini lantaran memiliki tinggi sekitar 1,6 m dan beratnya mencapai 80 kilogram. Ia 4 kali lebih berat dan 40 cm lebih tinggi dibandingkan penguin kaisar, penguin terbesar yang hidup saat ini.

"Ini adalah salah satu spesies penguin terbesar yang pernah ditemukan, khusus untuk perairan Belahan Bumi Selatan. Spesies terbesar saat ini, penguin kaisar tumbuh setinggi sekitar 1,2 meter," kata Paul Scofield, kurator senior Museum Canterbury.

 

(National Geographic Indonesia)