Pertama Kalinya, Para Ilmuwan Memetakan Interior Planet Selain Bumi

By Utomo Priyambodo, Jumat, 23 Juli 2021 | 14:00 WIB
Hasil pemetaan bagian interior planet Mars. (Chris Bickel/Science)

Nationalgeographic.co.id—Seperti buah persik yang diiris dan tersingkap biji kuning besarnya, misteri interior planet Mars ini digambarkan. Ini adalah peta interior planet asing pertama yang dirilis oleh para ilmuwan di Bumi. Peta interior Planet Merah tersebut dirilis sebagai bagian dari tiga studi baru yang diterbitkan di jurnal Science pada 22 Juli 2021.

Tampilan perdana interior Mars ini adalah puncak dari dua tahun penelitian dan beberapa dekade perencanaan dengan dimulai dari pendaratan robot InSight milik NASA. InSight adalah robot sains stasioner yang dikerahkan ke Mars pada 2018 dengan satu-satunya misi mempelajari jeroan Planet Merah yang tak terlihat itu.

Sekitar sebulan setelah mendarat di dataran datar dan halus yang dikenal sebagai Elysium Planitia, InSight menggunakan lengan robotnya untuk memasang seismometer kecil di permukaan Mars di dekatnya Robot ini kemudian mulai mendengarkan marsquake (gempa mars), getaran seismik di dalam Mars yang mirip dengan gempa bumi di Bumi.