Eropa dan Rusia Siapkan Rosalind Franklin untuk Berburu Meteorit Mars

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 24 Juli 2021 | 15:00 WIB
Gambar warna palsu dari meteorit Mars yang dijuluki (NASA)

Nationalgeographic.co.id—Tim dari Natural History Museum (NHM), London mengumumkan pada National Astronomy Meeting pada 23 Juli 2021 bahwa Penjelajah ExoMars "Rosalind Franklin" tengah dipersiapkan untuk memburu meteorit di Planet Mars. ExoMars Rosalind Franklin sebelumnya direncanakan akan diluncurkan sekitar bulan Juli atau Agustus 2021, namun hingga saat ini masih ditunda.

Dalam presentasinya pada pertemuan tersebut, tim NHM sedang membuka jalan bagi penjelajah masa depan Mars tersebut untuk mencari meteorit. Para ilmuwan menggunakan koleksi meteorit yang lebih luas untuk menguji instrumen spektra yang ditujukan untuk penjelajah ExoMars Rosalind Franklin. Untuk kemudian mengembangkan alat untuk mengidentifikasi meteorit di permukaan planet merah.

Permukaan kawah planet merah, seperti diketahui, memiliki sejarah yang panjang dan kompleks. Mencari batu di antara lebih banyak batu mungkin tampak seperti kegiatan yang sia-sia. Meskipun demikian, penjelajah Mars secara statistik memiliki tingkat keberhasilan "find per mile" atau menemukan per mil, yang jauh lebih tinggi daripada perburuan meteorit khusus di Bumi.