Sains Terbaru, Bayi Pterosaurus Langsung Bisa Terbang Setelah Menetas

By Ricky Jenihansen, Minggu, 25 Juli 2021 | 12:00 WIB
Pterodaustro guinazui yang mirip flamingo terbang dengan latar belakang Cretaceous Awal di Argentina. Sebuan studi baru mengungkapkan bahwa bayi Pterosaurus yang baru menetas diduga bisa langsung terbang. (MARK WITTON)

Nationalgeographic.co.id—Sebuan studi baru mengungkapkan bahwa bayi Pterosaurus yang baru menetas mungkin bisa langsung terbang. Meski kemampuan terbangnya berbeda dari Pterosaurus dewasa.

Pterosaurus adalah sekelompok reptil terbang yang hidup selama Periode Trias, Jurassic, dan Cretaceous, yaitu antara 228 hingga 66 juta tahun yang lalu. Tapi, karena kelangkaan telur dan embrio pterosaurus yang menjadi fosil, dan kesulitan membedakan antara bayi yang baru menetas atau anak Pterosaurus, tidak jelas apakah pterosaurus yang baru menetas dapat terbang.

Namun, para peneliti dari Universities of Portsmouth dan Bristol, bersama dengan ahli paleontologi Darren Naish, menemukan bahwa tulang humerus bayi Pterosaurus lebih kuat daripada banyak pterosaurus dewasa, menunjukkan bahwa mereka cukup kuat untuk terbang. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan di Scientific Reports.