Modul Stasiun Luar Angkasa Rusia Dihancurkan dan Dibuang ke Laut

By Ricky Jenihansen, Rabu, 28 Juli 2021 | 12:00 WIB
Modul Pirs terbakar saat memasuki atmosfer Bumi (Pesquet/ESA)

Nationalgeographic.co.id—Modul dari segmen Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Rusia, bernama Pirs (dermaga dalam bahasa Rusia) akhirnya dilepaskan dan dinyatakan pensiun. Modul Pirs dilepaskan pada pukul 6.55 pagi EDT (Eastern Daylight Time) atau pukul 17.55 WIB, 26 Juli 202. Kemudian, modul ini jatuh menabrak atsmosfer Bumi dan terbakar habis.

Pensiunnya modul Pirs setelah 20 tahun beroperasi memberi ruang bagi modul ilmiah multiguna baru milik Rusia bernama Nauka (bahasa Rusia untuk Sains) yang diluncukan pada 21 Juli 2021. Hal itu juga menandai komponen utama pertama dari kompleks yang mengorbit yang dinonaktifkan dan dibuang.

Pirs yang berukuran panjang 16 kaki kali 8 kaki (5 kali 2,5 m) yang terhubung dengan pesawat ruang angkasa Progress MS-16 (77P) ditarik dari ISS dengan mesin kapal kargo tak berawak. Pembakaran deorbit pada pukul 10.01 pagi EDT atau 21.01 WIB, melepasnya menuju Samudra Pasifik sekitar 4 jam setelah dilepaskan dari ISS. Modul dipastikan terbakar habis untuk mengurangi bongkahan besar apapun sampai ke permukaan Bumi.