Netizen Singkap Pemandangan Bulan yang Terpantul di Helm Buzz Aldrin

By Utomo Priyambodo, Kamis, 29 Juli 2021 | 18:30 WIB
Foto ikonik astronaut Buzz Aldrin saat menginjakkan kakinya di Bulan. Ada pemandangan tersembunyi di Bulan yang terpantul di helmnya. (NASA)

Nationalgeographic.co.id—Seorang netizen pengguna Reddit sekaligus seniman efek visual bernama Michael Ranger menganalisis foto Buzz Aldrin yang diambil oleh Neil Armstrong selama misi pendaratan di Bulan oleh Apollo 11. Ranger berhasil "menyingkap" pemandangan tersembunyi di Bulan yang terpantul di helm astronaut Buzz Aldrin kala itu.

Hasilnya adalah pemandangan Bulan 360 derajat yang belum pernah dilihat sebelumnya. Meski peristiwa pendaratan Buzz Aldrin itu sudah terjadi pada 52 tahun lalu, analisis Ranger pada foto lawas itu telah menawarkan perspektif baru mengenai kondisi dan pemandangan di Bulan.

"Apa yang membuat proses ini menarik bagi saya adalah kenyataan bahwa ini nyata," tulis Ranger di Reddit."Jika saya mendapat firasat apa pun bahwa sesuatu seperti ini palsu atau salah, minat saya pada itu benar-benar menguap. Ini bagus karena ini nyata!"

Foto Buzz Aldrin yang dimaksud adalah foto ikonik yang diambil pada bulan Juli 1969. Dalam foto tersebut, Aldrin tampak berdiri di dekat kaki modul lunar Eagle.