Sains Singkap Makhluk Invertebrata 'Jamur Babi' Berusia 30 Juta Tahun

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 3 Agustus 2021 | 13:00 WIB
Fosil yang diawetkan dalam amber Dominika mengungkapkan keluarga, genus, dan spesies mikroinvertebrata baru dari periode pertengahan Tersier, sebuah penemuan yang menunjukkan garis keturunan unik dari makhluk kecil yang hidup 30 juta tahun yang lalu. (Ancient Archaelogy)

Nationalgeographic.co.id—Spesies makhluk mikroskopis yang sebelumnya tidak dikenal telah ditemukan terpelihara dengan sempurna dalam amber. Temuan tersebut ditemukan di Republik Dominika oleh ahli paleobiologi George Poinar Jr. dari Oregon State University College of Science dan ahli zoologi invertebrata Diane Nelson dari East Tennessee State University.

Setelah diteliti, rupanya makhluk tersebut ialah Sialomorpha dominicana, atau yang dijuluki jamur babi. Dijuluki jamur babi lantaran sifatnya seperti jamur dan penampilannya yang mirip babi. Secara ilmiah, Sialomorpha dominicana berasal dari kata Yunani untuk babi gemuk (sialos) dan bentuk (morphe).

Fosil ini mengungkapkan keluarga, genus, dan spesies mikroinvertebrata baru dari periode pertengahan Tersier, sebuah penemuan yang menunjukkan garis keturunan unik dari makhluk kecil yang hidup 30 juta tahun yang lalu.