Astronom Italia Menemukan Gugus Bintang Baru Berusia 12,6 Miliar Tahun

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:00 WIB
YMCA-1 dilaporkan diidentifikasi ketika pencarian kepadatan skala kecil dalam data fotometrik survei YMCA (Gatto et all)

Nationalgeographic.co.id—Para astronom dari Italia melaporkan mendeteksi gugus bintang baru sebagai bagian dari survei YMCA (Yes, Magellanic Clouds Again). Pengelompokan gugus bintang baru tersebut kemudian dinamai YMCA-1.

Menurut para astronom, gugus bintang atau star cluster yang baru ditemukan tersebut mungkin merupakan gugus bintang tua dan terpencil dari galaksi Bima Sakti. Temuan tersebut berdasarkan dari data fotometrik survei YMCA tim astronom yang dipimpin oleh Massimiliano Gatto dari University of Naples Federico II, Italia. Temuan tersebut kemudian dipublikasikan di Research Notes of the AAS pada 21 Juli 2021.

Melansir phys.org, Survei YMCA dilakukan dengan teleskop survei VLT (VST) 2,6-m yang bertujuan untuk menjelajahi pinggiran Awan Magellan besar dan kecil (LMC dan SMC). Salah satu tujuan YMCA adalah mencari sistem bintang yang tidak diketahui, seperti gugus bintang pinggiran LMC dan SMC. Sejauh ini, survei telah menemukan sekitar 80 cluster di LMC dan sekitarnya.