Terawetkan Sempurna, Fosil Otak Berusia 310 Juta Tahun Ditemukan di AS

By Utomo Priyambodo, Jumat, 30 Juli 2021 | 18:27 WIB
Euproops danae sebenarnya adalah arakhnida yang terkait erat dengan kalajengking dan laba-laba, menurut The National Wildlife Federation. Meskipun fosil kepiting tapal kuda relatif umum, tidak ada yang diketahui sebelumnya tentang otak purbanya. (Public Domain)

 

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti menemukan fosil otak yang belum pernah terlihat sebelumnya dari kepiting tapal kuda. Fosil otak ini berusia 310 juta tahun.

Menurut sebuah studi terbaru, temuan fosil otak ini mengungkapkan beberapa kejutan mengenai evolusi kepiting tapal kuda. Otak tersebut merupakan miliki spesies yang sudah punah bernama Euproops danae. Otak ini ditemukan di Mazon Creek di Illinois, Amerika Serikat. Kondisi lingkungan di sana telah mengawetkan jaringan lunak halus hewan itu dengan sempurna.

Ada empat spesies kepiting tapal kuda yang hidup saat ini. Semuanya memiliki kerangka luar yang keras, 10 kaki, dan kepala berbentuk U.

Terlepas dari namanya, "kepiting" ini sebenarnya adalah arakhnida yang terkait erat dengan kalajengking dan laba-laba, menurut The National Wildlife Federation. Meskipun fosil kepiting tapal kuda relatif umum, tidak ada yang diketahui sebelumnya tentang otak purba mereka, kata para peneliti.