Kota Pavlopetri, Kota Bawah Laut Tertua di Dunia Berusia 5.000 Tahun

By Fadhil Ramadhan, Jumat, 6 Agustus 2021 | 13:00 WIB
Kota Bawah Laut tertua di dunia ternyata berada di Yunani. (Archeology World)

Nationalgeographic.co.idJika Anda pergi ke Yunani dan menanyai warga setempat tentang Kota Pavlopetri, mereka mungkin akan takjub dengan Anda. Tidak semua orang mengetahui tentang Kota Bawah Laut tertua di dunia. Temuan arkeologi bawah laut ini berupa sisa-sisa arsitektur kota yang telah tenggelam, dan hanya terendam sekitar tiga meter dari permukaan laut. Kota ini merupakan kota bawah laut tertua di laut Mediterania, sekaligus tertua di dunia.

Pavlopetri berada di Pantai Pounta Laconia Semenanjung Peloponnese. Berjarak empat jam berkendara dari Athena, atau 2,5 jam dari Bandara Internasional Kalamata. Melansir dari Greek City Times, Pavlopetri secara harfiah berarti Batu Paulus. Berkaitan dengan St Paulus, yang merupakan seorang martir sekaligus penyebar ajaran Kristen. Pemukiman ini berisi material Neolitik dan Zaman Perunggu, dan kota ini diyakini telah berkembang pada periode antara 3000 dan 1000 tahun SM.

“Tidak diragukan lagi bahwa ini adalah kota bawah laut tertua di dunia,” kata  Jon Henderson, profesor arkeologi bawah laut di University of Nottingham. “Kota ini berasal dari 2800 hingga 1200 SM, jauh sebelum masa kejayaan Yunani klasik. Ada situs bawah laut lainnya yang lebih tua di dunia, tetapi tidak ada unik seperti ini.”