Seorang Pemburu Harta Karun Menemukan Piramida Pedang Abad Pertengahan

By Utomo Priyambodo, Jumat, 6 Agustus 2021 | 14:00 WIB
Piramida pedang berhiaskan emas dan batu delima atau garnet ditemukan oleh seorang pemburu harta karun amatir di Inggris. (Norfolk County Council)

Nationalgeographic.co.id—Seorang pemburu harta karun amatir bernama Jamie Harcourt menemukan sebuah piramida pedang berlapis emas dan batu delima. Temuan ini merupakan semacam perlengkapan dekoratif dari bagian holster yang digunakan untuk membantu menyimpan pedang. Perlengkapan ini mungkin milik seorang bangsawan kaya atau raja pada awal abad pertengahan.

Lokasi penemuannya di distrik Breckland di Norfolk, Inggris, pada April 2021. Piramida pedang itu "memiliki kemiripan yang mencolok" dengan artefak yang ditemukan di pemakaman Sutton Hoo di dekatnya, lapor majalah Treasure Hunting.

Menurut BBC News, perhiasan kecil itu berasal dari antara tahun 560 dan 630 Masehi, ketika daerah itu merupakan bagian dari Kerajaan Anglia Timur. Piramida pedang biasanya berpasangan, tetapi yang ini ditemukan sendirian, yang berarti pemiliknya mungkin salah meletakkannya saat "berjalan-jalan di sekitar pedesaan tersebut."