Lelaki 19 Tahun Temukan Fosil Gigi Mamut di Tepi Pantai Inggris

By Maria Gabrielle, Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:00 WIB
Fosil gigi geraham mammoth yang ditemukan Jack Norton di Pantai Trimingham, Norfolk Utara, Inggris. (Dok. Jack Norton / North Norfolk News)

Nationalgeographic.co.id—Jack Norton, seorang mahasiswa paleontologi berhasil menemukan gigi mamut sebesar tangan manusia dewasa. Fosil gigi hewan purba dari zaman es itu dia temukan di Pantai Trimingham, Norfolk Utara, Inggris.

Dilansir dari North Norfolk News, laki-laki berusia 19 tahun itu mengungkapkan pengalamannya. Dia mengaku tidak dapat berkata apa-apa dan mengambarkan pengalaman ini sekali dalam seumur hidup.

“Kami berjalan dari Mundesley ke Trimingham tanpa menemukan banyak hal. Sekitar satu atau dua mil dari garis pantai Trimingham, di tepi pantai, aku melihat akar (gigi) dari balik beberapa batu,” kata Jack Norton kepada North Norfolk News.

“Aku menyingkirkan batu-batuan itu dan menemukan gigi mamut yang sangat besar. Aku diliputi kegembiraan dan benar-benar tidak bisa berkata-kata,” lanjutnya.

Mahasiswa Universitas Portsmouth itu lebih lanjut mengatakan berkat hobi dan ilmu paleontologi yang dipelajari, ia jadi mengetahui jenis gigi apa yang ditemukan, yakni gigi geraham. Fosil gigi geraham mamut itu memiliki sudut terpanjang 15,5 sentimeter dengan tinggi 16 sentimeter dan lebar 8 sentimeter.