Arkeolog Temukan Bra Berumur 600 Tahun, Ternyata Mirip Versi Modern

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 9 Agustus 2021 | 12:19 WIB
Bra jauh lebih tua dari yang kita duga. (Beatrix Nutz)

Nationalgeographic.co.id—Arkeolog dari University of Innsbruck di Austria, Beatrix Nutz beserta timnya telah menemukan bra berusia sekitar 600 tahun. 

Pakaian dalam wanita itu ditemukan di dalam Kastil Lengberg, Austria. Mereka tak sengaja menemukan ruangan yang dipenuhi bahan organik kering seperti ranting dan jerami, kayu olahan, kulit, sepatu, benang, tali, dan lebih dari 2.700 potong produk tekstil.

Di antara ribuan pakaian itu, para arkeolog menemukan 17 kemeja linen, pakaian dalam pria, serta empat bra linen berhiaskan renda. Dari seluruh potongan tekstil yang ditemukan, adanya bra di antara pakaian tersebut adalah yang paling menarik.

Yang semakin mengejutkan, penemuan bra Abad Pertengahan itu sangat terlihat sangat mirip dengan versi modern yang dipatenkan di Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Terpesona oleh gambar-gambar penemuannya (termasuk sepasang celana dalam, kemungkinan dikenakan oleh pria pada waktu itu tetapi menyerupai celana dalam yang dikenakan wanita hari ini).

Melalui analisis radio karbon dan konteks arkeologis, Nutz memperkirakan pakaian-pakaian tersebut dibuat pada tahun 1390 dan 1485 Masehi.