Belati Besi dan Tengkorak Manusia Diduga darI Zaman Sangram Shah

By Maria Gabrielle, Rabu, 11 Agustus 2021 | 10:00 WIB
Sampai saat ini ada 25 guci yang ditemukan dan 11 diantaranya sudah dibuka. (Archaeology World)

 

Nationalgeographic.co.id—Penemuan benda pra sejarah menjadi topik menarik untuk dibahas. Baru-baru ini, telah ditemukan belati dari besi dengan gagang kayu di Konthagai, India. Seperti dilansir dari The Times of India, senjata kuno itu terdapat dalam guci yang terkubur.

Dipercaya lokasi tersebut merupakan area pemakaman. Menurut arkeolog, belati jenis ini baru pertama kali ditemukan di area itu. Selain belati besi, ada juga pot persembahan, tulang paha dan tengkorak manusia yang didapat dari penemuan ini.

Belati besi ini memiliki mata pisau dengan panjang 40 centimeter yang patah menjadi dua. Tebalnya sekitar lima sentimeter. Sementara gagang kayu panjangnya ialah enam centimeter.

Diberitakan oleh Archaeology World, belati besi ditemukan di kedalaman 77 centimeter. Kepala penggalian Keeladi, R. Sivanandam mengatakan belati ini merupakan jenis yang digunakan oleh para pejuang dari periode Sangam.

“Ini adalah kali pertama kami menemukan senjata dengan gagang kayu dan akan sangat bermanfaat untuk mencari tahu usia dari benda tersebut,” kata R. Sivanandam kepada Archaeology World.