Kenapa Gajah Mempunyai Gading? Apa Saja Fungsi Gading Gajah?

By Fikri Muhammad, Jumat, 13 Agustus 2021 | 12:00 WIB
Gading sebetulnya adalah gigi seri yang memanjang. Gigi ini terus tumbuh sepanjang hidup mereka, memanjang dari dalam rahang atasnya. (THE CONVERSATION)

Nationalgeographic.co.id—Gading gajah sebetulnya adalah gigi seri yang memanjang. Gigi seri ini terus tumbuh sepanjang hidup mereka, memanjang dari dalam rahang atasnya. 

Gading adalah salah satu ciri gajah yang paling mencolok bersama ukuran tubuhnya yang besar dan belalainya yang panjang. Untuk gajah Afrika jantan dan betina, sama-sama memiliki gading. Sementara gajah Asia hanya jantan yang memiliki gading. 

Gading gajah digunakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari menggali lubang dan mengupas kulit pohon, hingga berkelahi. Mereka bahkan mengistirahatkan belalai yang lelah di atas gading mereka.

Secara umum, gajah jantan menggunakan ukuran untuk mengintimidasi saingan dan membuat betina terkesan. Ukuran sangat penting dalam menarik pasangan sehingga jantan dewasa telah berevolusi menjadi dua kali lebih besar dari betina dewasa, mencapai tujuh metrik ton. Sementara gading jantan seringkali berukuran lima hingga tujuh kali lebih besar dari betina dewasa.