Semangat Papua: Upacara 17 Agustus Bawah Laut Arborek Rajaampat

By Fikri Muhammad, Sabtu, 21 Agustus 2021 | 08:00 WIB
Saat menyelam, kondisi bawah air mencapai suhu 30 derajat selsius dengan jarak pandang yang amat baik. Pemandangan cantik karang acropora cervicunis, karang meja, acropora micropthalma, dan montipora di Yafkeru (kebun karang dalam bahasa Biak) pun terlihat jelas. Kebun karang itu dibuat untuk mengajarkan masyarakat dan turis akan potensi lain di bawah jetty kampung. (Ronal Mambrasar)

Nationalgeographic.co.id—Pengibaran bendera merah putih terjadi khidmat di bawah segara biru di Pulau Arborek, Rajaampat. Kegiatan ini setidaknya telah dilaksanakan sebanyak enam kali setiap hari kemerdekaan. Inisiasi itu diawali oleh Githa Anathasia, Marsel Mambrasar, dan Ronal Mambrasar sejak 2015. Mulanya, tujuan mereka untuk membuat kegiatan unik yang bisa melibatkan masyarakat sekampung. 

"Sejak tahun 2015, kegiatan ini menjadi kegiatan satu-satunya di Rajaampat yang dilaksanakan oleh masyarakat Kampung Arborek, secara swadaya dan menjadi daya tarik cerita dari kampung ini," tutur Githa kepada National Geographic Indonesia.

Acara itu berlangsung pada 17 Agustus 2021 dari 9.45 hingga 10.30 WIT. Menurut Githa, ini cara masyarakat Arborek menghargai laut. Walau sekarang derita terjadi karena pandemi, mereka masih bisa bertahan hidup dari laut. 

(Ribka Mambrasar)