Meningkatnya Hujan Salju, Menjadi Penyeimbang Kenaikan Permukaan Laut

By Wawan Setiawan, Senin, 23 Agustus 2021 | 15:00 WIB
Es mencair penyebab kenaikan permukaan air laut, yang dapat berisiko bencana. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru yang dilakukan oleh sebanyak 60 peneliti dan 44 institusi telah melaporkan bahwa adanya peningkatan hujan salju akan dapat mengimbangi kenaikan permukaan laut di benua paling selatan Bumi.

Studi ini melibatkan penggunaan metode modern generasi baru model iklim yang dipakai oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Sixth Assessment Report untuk melakukan penghitungan proyeksi perubahan permukaan laut. Peneliti akan menggunakannya untuk meninjau informasi teknis, sosial-ekonomi, dan data ilmiah dari perubahan iklim yang ada.

Dengan memanfaatkan generasi baru model iklim ini, tim peneliti ingin melihat apakah proyeksi kenaikan permukaan laut dari model tersebut akan berbeda dengan generasi sebelumnya atau tidak. Dan ternyata, tim menemukan bahwa pemanasan model terbaru menyebabkan peningkatan pencairan lapisan es Greenland dan kenaikan permukaan laut yang lebih tinggi. Dua lapisan es Greenland dan Antartika merespons secara berbeda, hal ini mencerminkan bahwa iklim local mereka jelas sangat berbeda.