Daftar Hewan yang Pernah Dikirim ke Antariksa

By , Kamis, 19 September 2013 | 13:45 WIB
()

Senin (16/9) lalu, pejabat senior program luar angkasa pemerintah Iran, Mohammad Ebrahimi, menyatakan, akan mengirim seekor kucing persia ke ruang hampa udara. Sebelumnya, juga pada tahun 2013, Iran dilaporkan juga pernah mengirim monyet ke antariksa.

Pengiriman dua fauna ini membuat kita bertanya-tanya, hewan apa saja yang pernah dikirim ke luar angkasa?

1. Lalat buah, pernah dikirim pada tahun 1947. Mereka tercatat sebagai makhluk hidup pertama yang berada di luar atmosfer Bumi. Kabar baiknya adalah semua lalat buah yang dikirim, pulang dengan selamat.

2. Monyet, hewan ini dianggap sebagai pelancong luar angkasa yang paling sering digunakan manusia. Monyet pertama yang dikirim bernama Albert I, yang menjadi objek misi rahasia untuk mengukur dampak paparan radiasi. Ia dikirim ke antariksa pada 11 Juni 1948 dan dijuluki NASA sebagai "Pahlawan Tanp Tanda Jasa para Astronaut hewan."

(Baca: Rekam Jejak Monyet Menjelajah Antariksa)

Albert I menjadi pionir uji coba penerbangan luar angkasa monyet rhesus --yang kemudian semuanya dinamani Albert. Disusul kemudian dengan Yorick, yang merupakan monyet pertama yang selamat dari uji coba penerbangan pada 1959.

3. Tikus, dikenal sebagai objek studi sains, dan memulai "karir"-nya di antariksa ketika menjadi pendamping Yorick si monyet. Hector, tikus asal Prancis, dikirim ke antariksa pada 1960-an. Masuk tahun 1980-an, tikus albino menjadi pilihan yang lebih disukai.

ilustrasi anjing (thinkstock)

4. Anjing, adalah Laika si anjing yang menangkap perhatian dunia ketika ia diluncurkan ke orbit oleh Uni Soviet pada 3 November 1957.

5. Kelinci, yang pertama diterbangkan ke antariksa adalah Marfusa yang dikirim oleh Uni Soviet pada 1959.

6. Kodok, masih pada tahun 1959, Soviet mengirim sepasang kodok pada 1959. Kodok banteng merupakan pilihan utamanya.

7. Guinea pig, hewan pengerat lucu ini sudah dikirim ke luar angkasa sejak 1960-an.

8. Kucing, Felix awalnya jadi kucing astronaut pertama yang akan diluncurkan ke antariksa, sayangnya ia kabur. Maka terpilihlah, Felicette sebagai pengganti dan sukses dikirim meninggalkan Bumi pada 1963. Ia merupakan kucing pertama yang melakukannya.