Mengenal Shamsia Hassani, Seniman Jalanan Wanita Pertama Afganistan

By Wawan Setiawan, Jumat, 27 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Seniman grafiti wanita pertama Afghanistan Shamsia Hassani telah menerbitkan tanggapan memilukannya terhadap Taliban yang berkuasa. (Shamsia Hassani)

Nationalgeographic.co.id—Seni adalah sebuah ungkapan yang lahir dari dalam hati. Curahan rasa senang, sedih, maupun pilu terwakilkan dalam setiap goresannya. Mungkin ini yang menjadi awal dari terciptanya karya seni seorang wanita yang lahir dan hidup di Afganistan.

Namanya Shamsia Hassani. Dia tercatat sebagai seorang wanita seniman jalanan pertama Afganistan yang terkenal dengan polesan grafitinya. Luar biasa dan begitu menyentuh. Ia mencurahkan semua emosinya tentang negerinya dalam karya seni yang indah, meski di baliknya tersimpan pilu yang mendalam. Ada rasa takut dan khawatir yang menyelimuti benaknya ketika Taliban memegang kendali atas negara tempat kelahirannya.

Hassani mencoba untuk mengungkapkan perhatiannya pada kaum wanita yang selalu berada dalam dominasi laki-laki seiring dengan kembalinya kekuasaan Taliban. Ia mengubahnya menjadi serangkaian seni lukis jalanan yang memilukan, lalu menerbitkannya ke akun media sosial miliknya.