Seekor Kura-Kura yang Menguntit, Membunuh, dan Memakan Anak Burung

By Fikri Muhammad, Rabu, 25 Agustus 2021 | 08:00 WIB
Seekor kura-kura raksasa Seychelles menerjang ke arah seekor burung dara laut dalam contoh perburuan kura-kura pertama yang didokumentasikan. Beberapa saat setelah bingkai ini ditangkap, kura-kura membunuh anak burung, kemudian menelannya utuh. (ANNA ZORA, FRÉGATE ISLAND FOUNDATION)

Nationalgeographic.co.id—Justin Gerlach berpikir pasti ada semacam kesalahpahaman. Kura-kura tidak berburu. Herbivora yang lembut dan lamban ini menghabiskan hari-hari mereka dengan santai mengunyah tanaman hijau dan mengintai mangsa. Tapi, rekaan Gerlach salah pada sebuah tayangan video tak terbantahkan. 

Pada suatu hari di musim panas 2020, seekor kura-kura raksasa Seychelles betina (Aldabrachelys gigantea) menghabiskan beberapa menit untuk menguntit seekor dara laut muda (Anous tenuirostris) yang jatuh dari sarang di Pulau Frégate, Seychelles, sebuah pulau lepas pantai di Afrika Timur. 

Pada suatu adegan yang lamban, kura-kura memaksa anak burung itu mundur ke bawah batang kayu sampai burung itu tak punya tempat untuk pergi, seperti bajak laut yang menawan tawanannya di papan.