Biara Anglo-Saxon di Inggris, Bukti Kekuasaan Ratu Cynethryth

By Maria Gabrielle, Rabu, 25 Agustus 2021 | 14:00 WIB
Penemuan biara Anglo-Saxon di Inggris. (University of Reading)

 

 

 

 

 

 

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog telah menemukan biara dari Zaman Anglo-Saxon di Berkshire, Inggris. Hasil penggalian di musim panas ini memberikan wawasan unik tentang salah satu wanita terkuat pada awal abad pertengahan.

Biara yang berasal dari abad delapan itu dilansir dari rilis di laman University of Reading, tepatnya berlokasi di desa Cookham, tepi sungai Thames. Keberadaan biara ini sempat menjadi misteri, walau sempat disebut dalam sejarah kontemporer. Catatan tertulis juga menunjukkan biara ini berada di bawah kekuasaan dari Ratu Cynethryth, janda Raja Offa dari Mercia.

Dari penggalian di halaman Holy Trinity Church, tim telah menemukan sisa-sisa bangunan kayu, sisa-sisa makanan, bejana tembikar yang digunakan untuk memasak hingga barang-barang pribadi seperti pakaian, peniti, gelang perunggu yang mungkin dikenakan oleh perempuan dari komunitas tersebut.

Dikutip dari Independent, para arkeolog juga menemukan pecahan batu quern – perkakas dari batu untuk menggiling – guna membuat tepung, terbuat dari lava vulkanik, diimpor dari tempat yang kini disebut dengan Jerman. Penemuan ini membuat Dr Gabor Thomas dari University of Reading selaku pemimpin penggalian mengungkapkan akan menggali lebih dalam tentang biara ini.