Melihat Inovasi Teknologi: Stadion Sepak Bola Terapung di Atas Laut

By Galih Pranata, Senin, 30 Agustus 2021 | 12:40 WIB
Stadion sepak bola, Marina Bay Floating Platform dengan kapasitas 27.000 bangku penonton, terapung diatas perairan Singapura. (Zairon/Wikimedia)

 

Nationalgeographic.co.id—Inovasi pembuatan lapangan sepak bola diatas laut telah dibuat di wilayah Asia Tenggara, tepatnya di Marina Bay, Singapura. Marina Bay Floating Platform diresmikan pada 20 Mei 2007. Dibangun pada tahun 2007, stadion terapung ini awalnya didirikan dengan tujuan sebagai stadion sementara untuk acara-acara olahraga nasional, menggantikan Stadion Nasional di Kallang yang dihancurkan untuk dibangun kembali sebagai bagian dari Singapore Sports Hub.

Marina Bay Floating Platform dapat menampung hingga 1.070 ton dengan kapasitas mencapai 27.000 bangku penonton. "Seluruhnya terbuat dari baja, platform terapung di Marina Bay, berukuran 120 kali 83 meter (394 kali 272 kaki), yaitu 5% lebih besar dari Singapore National Stadium" tulis Tay Suan Chiang dalam The Sunday Times, berjudul Staying Afloat, pada tahun 2019.

George Veronica Adrianus Verhaar pada 2009, dalam tulisannya yang berjudul Floating Olympic Stadium 2028: The Olympic Games in the Netherlands, berupaya membuat konsep tentang stadion sepak bola yang megah, mengapung di atas air. Lantas, bagaimana konsep pembuatan dan teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan stadion agar dapat terapung di atas air?