Tujuh Surga Selam di Indonesia

By , Kamis, 21 November 2013 | 21:54 WIB
()

Indonesia memiliki luas laut mencapai 5,8 juta kilometer yang menyimpan kekayaan laut beraneka ragam. Tak salah pula jika Indonesia menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyelam. Masing-masing titik penyelaman mempunyai karakteristik tersendiri.

Salah satu piranti yang tak boleh dilupakan saat menyelam di tujuh tempat ini adalah kamera. Aneka biota laut yang beraneka ragam akan menjadi objek yang menarik untuk diabadikan. Kamera mirrorless besutan Nikon seri 1 AW 1 bisa menjadi pilihan. Kamera ini mampu dibawa menyelam hingga ke kedalaman 15 meter, selain itu fitur pemotretan bawah laut yang ada di kamera ini mampu menghasilkan foto dengan warna yang memukau. 

1. Alor

Daerah kepulauan yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menyimpan kekayaan alam bawah laut yang beragam. Bagi para wisatawan asing, Alor tak hanya sekedar tempat berlibur, tapi juga sebagai ajang mengenal kehidupan warga lokal Alor. Di kalangan para penyelam, Alor familiar sebagai destinasi menyelam. Spesies seperti sunfish, hiu martil, paus, napoleon, hiu karang, barracuda, dan berbagai macam spesies laut menjadi sajian utama tempat ini.

2. Raja Ampat

Raja Ampat terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Puncak Wayag menjadi primadona bagi para wisatawan, selain itu burung cenderawasih juga bisa ditemui di hutan Raja Ampat. Adapula Desa Arborek yang dijadikan desa budaya di Raja Ampat. Bagi para penyelam, Raja Ampat adalah tempat istimewa untuk melihat berbagai macam spesis lau. Sekitar 1400 spesies ikan dan 600 spesies coral ada di pusat segitiga terumbu karang dunia ini. Beberapa titik penyelaman yakni di sekitar pulau Mansuar, laut antara Pulau Waigeo dan Pulau Gam, serta di Misool.

3. Komodo

Terumbu karang di Pantai Merah, Komodo. (Yunaidi)

Kawasan ini mendunia lewat Ora sebutan bagi hewan komodo oleh masyarakat lokal. Namun dibalik pamor komodo, perairan disini juga tak kalah menarik. Kegiatan snorkeling dan diving menjadi suatu hal yang patut untuk dilakukan. Beberapa spot diving di Komodo antara lain: Manta Alley, German Flag, Crystal Rock, Batu Tiga.

4. Wakatobi

Kepulauan di Sulawesi Tenggara ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi bagi para penyelam. Titik penyelaman seperti House Reef, Teluk maya, Pastel Reef memberikan pengalaman bawah laut yang berkesan. Para penyelam bisa menemui manta, penyu, pygmy seahorse.

5. Selat Lembeh

Letaknya di Sulawesi Utara, tak jauh dari Manado. Bagi pecinta fotografi bawah air, Selat Lembeh menawarkan hewan laut nan cantik. Ada Mantis shrimp, soft coral crab, demos stinger, dan berbagai hewan laut lainnya.