Kodeks Aztek Berusia 500 Tahun Jadi Catatan Pertama Gempa di Amerika

By Maria Gabrielle, Senin, 30 Agustus 2021 | 10:10 WIB
Piktogram gempa bumi tahun 1507 yang tercatat di Kodeks Telleriano-Remensis. (Gerardo Suárez dan Virginia García-Acosta)

Terdapat beberapa budaya maju di wilayah Mesoamerika, salah satunya yang populer adalah Aztek. Orang-orang Aztek yang mendiami wilayah Meksiko bagian tengah dikenal akan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang teknik, sistem angka, kalender, medis dan lain-lain. Bahkan, para ilmuan telah menemukan kodeks Aztek berusia 500 tahun yang menggambarkan bukti ‘tertulis’ pertama terjadinya gempa bumi di Amerika.

Kodeks merupakan naskah kuno berupa tulisan tangan. Dilansir dari Ancient Origins, menurut jurnal yang dipublikasikan di Seismological Research Letter, manuskrip dari abad ke-16 itu berjudul Kodeks Telleriano Remensis, menggambarkan terjadinya gempa bumi dalam piktogram.

Gerardo Suárez dari Universidad Nacional Autónoma de México bersama Virginia García-Acosta dari Centro de Investigaciones y Estudios Superiores en Antropología Social, mempelajari piktogram dan melaporkan terjadinya 12 kali gempa bumi antara tahun 1460 dan 1542 di Telleriano-Remensis.