Sindrom Havana: Senjata Biologis Ataukah Jenis Penyakit Baru?

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Kebenaran tentang Sindrom Havana masih misteri. Apakah benar ini adalah senjata biologis rahasia ataukah jenis penyakit baru? (Westdeutscher Rundfunk Köln)

Nationalgeographic.co.id—Perjalanan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dari Singapura ke Vietnam ditunda pada 24 Agustus lalu. Bukan lalu lintas udara atau penyakit Harris yang menyebabkan penundaan, tetapi sebuah sindrom misterius yang telah memengaruhi ratusan negara hingga sekarang. Sementara pejabat Amerika menyebut gejala misterius itu sebagai "insiden kesehatan yang sangat tidak wajar", masyarakat lebih mengenalnya sebagai "Sindrom Havana".

Sindrom yang pertama kali terkenal di Havana, kuba ini masih tetap menjadi misteri bagi dunia bahkan setelah lima tahun lamanya. Beberapa mata-mata dan diplomat sangat terpengaruh oleh sindrom tersebut, dengan beberapa dari mereka mengeluh bahwa mereka bahkan telah pensiun dari pekerjaan mereka karena "penyakit" ini.

Sindrom apa yang memengaruhi kehidupan normal banyak pejabat dan diplomat Amerika Serikat? Apa saja gejalanya? Apa yang menyebabkannya? diantara semua pertanyaan ini, inilah hal-hal yang perlu anda ketahui tentang sindrom Havana ini.