Makara, Monster Laut Berbelalai dalam Mitologi Hindu dari Srilangka

By Galih Pranata, Senin, 30 Agustus 2021 | 19:00 WIB
Ilustrasi monster laut, Makara yang berenang di dasar perairan. (Álvaro Casado/Thinglink)

Nationalgeographic.co.id—Masyarakat Srilanka kuno, kerap ketakutan dalam mengarungi lautan dalam, mereka percaya akan adanya sosok monster laut, Makara. Makara berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Naga laut atau Monster laut. Ia merupakan mitologi monster laut dalam kepercayaan Hindu. Masyarakat kemudian mulai menyembahnya dan percaya bahwa ia akan melindungi mereka.

Uniknya, ia digambarkan dengan wajah menyerupai hewan darat, seperti gajah dengan belalainya, dan buaya dengan mulut dan taringnya. Tubuhnya menyerupai anjing laut dan bersirip seperti ikan. Ia dianggap sebagai kendaraan dewi sungai Gangga, Narmada dan dewa laut, Varuna.

Lakshman Ranasinghe dalam jurnalnya berjudul The Evolution And Significance of The Makara Torana, publikasi tahun 1991, menjelaskan tentang adanya unsur kesamaan antara Makara dengan Naga. "Terdapat hubungan antara Makara dan Naga, karena keduanya telah dipengaruhi oleh Ketos dalam mitologi Yunani" tulisnya. Sama halnya dengan Ketos dalam mitologi Yunani, umumnya mitologi Naga dikaitkan dengan kendaraan dewa-dewi, begitu juga dengan Makara sebagai tunggangan dewi Namrada.