Pestisida Bertanggung Jawab Terhadap Epidemi Obesitas Global

By Ricky Jenihansen, Selasa, 31 Agustus 2021 | 17:00 WIB
Kini, besitas menjadi epidemik global. Sebuah penelitian menemukan pestisida yang digunakan di seluruh dunia bertanggung jawab terhadap krisis obesitas global. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penelitian dari para ilmuwan dari McMaster University menemukan bahwa klorpirifos yang terkandung dalam banyak pestisida yang digunakan di seluruh dunia bertanggung jawab terhadap krisis obesitas global. Senyawa tersebut dapat memperlambat pembakaran kalori dalam jaringan adiposa coklat berdasarkan hasil uji terhadap tikus.

Para peneliti di Hamilton, Kanada tersebut menemukan bahwa senyawa tersebut yang dilarang digunakan pada makanan dan produksi pertanian di Kanada, tetapi disemprotkan secara luas pada buah-buahan dan sayuran di banyak bagian dunia lainnya. Senyawa tersebut terbukti dapat memperlambat pembakaran kalori dalam jaringan adiposa coklat pada tikus.

Hal itu berarti, mengurangi pembakaran kalori ini, sebuah proses yang dikenal sebagai termogenesis yang diinduksi diet. Proses itu terjadi ketika tubuh memproduksi panas beberapa saat setelah makan yang berperan untuk meningkatkan laju metabolik dalam tubuh, yang akan meningkatkan pengeluaran energi. Itu berarti, ketika proses itu terhambat, maka dapat menyebabkan tubuh menyimpan kalori ekstra ini, yang menyebabkan obesitas.