Singkap Perdagangan Haram Fosil Burung Purba Berjambul Terlengkap

By Ricky Jenihansen, Selasa, 31 Agustus 2021 | 19:00 WIB
Dinamakan Wightia declivirostris, bagian keluarga Tapejaridae, kelompok pterosaurus berukuran kecil hingga sedang dengan lebar sayap hingga 4 meter. ( Megan Jacobs)

Nationalgeographic.co.id—Tim ilmuwan di Brasilia mengonfirmasi bahwa fosil hasil sitaan dari perdagangan ilegal lebih dari satu dekade yang lalu adalah kerangka hampir lengkap milik pterosaurus tapejarid. Spesies dinosaurus tersebut diperkirakan hidup selama periode Cretaceous atau zaman kapur awal.

Pterosaurus dari klad Tapejaridae adalah komponen utama fauna [yang hidup] di kontinental pada zaman Kapur Awal, mencapai distribusi luas di Gondwana dan Eurasia,” kata Victor Beccari dari Universidade de São Paulo dan Universidade Nova de Lisboa dan rekan-rekannya, seperti dilansir Sci-News.

Untuk diketahui, pada 2013 lalu, kepolisian Brasilia melakukan penggerebekan di Pelabuhan Santos, di negara bagian Sao Paolo, Brasilia. Polisi kemudian menyita fosil tersebut bersama beberapa lebih dari 3.000 fosil lain yang terawat dengan baik. Fosil-fosil tersebut akan dijual secara ilegal sebelum kemudian diketahui pihak kepolisian.