Identitas Kapal Dagang Belanda di Laut Baltik Akhirnya Terungkap

By Maria Gabrielle, Rabu, 1 September 2021 | 15:00 WIB
Kapal dagang Belanda ini ditemukan di Laut Baltik, 76 meter di bawah permukaan laut. (Badewanne (C) Handle Productions 2021)

Nationalgeographic.co.id—Para penyelam asal Finlandia menemukan kapal dagang Belanda dari abad ke-17 di Laut Baltik pada 2020. Kapal ini dikenal dengan nama Fluit atau Fluyt karena memiliki lambung yang dalam, sehingga memungkinkannya untuk membawa kargo dalam jumlah besar. Dilansir dari Dutch News.nl kapal dagang ini ditemukan oleh Juha Flinkman di kedalaman 86 meter di bawah permukaan laut.

Kala itu, Juha dan rekan-rekan penyelam lainnya tengah mencari sisa-sisa kapal dari masa perang. Kepada media Telegraaf, Juha mengaku takjub dengan apa yang dia lihat. Apalagi sebelumnya, dia hanya pernah melihat replika dari kapal tersebut. Kini, telah diketahui lebih dalam mengenai kapal dagang tersebut.

Pada musim panas 2021, tim penyelam internasional Badewanne menemukan identitas dari kapal ini. Berawal ketika tim sedang mengambil gambar untuk keperluan film dokumenter berjudul ‘Fluit’ mereka menemukan transom atau jendela di atas pintu.