ASI dari Ibu yang Divaksin COVID-19 Mengandung Antibodi Baik bagi Bayi

By Utomo Priyambodo, Jumat, 3 September 2021 | 16:00 WIB
ASI dari ibu menyusui yang divaksin COVID-19 mengandung pasokan antibodi yang signifikan yang dapat membantu melindungi bayinya dari penyakit tersebut. (Irina Polonina/Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah hasil studi terbaru menyampaikan kabar baik bagi para ibu menyusui yang sudah divaksin COVID-19. Hasil studi dari University of Florida (UF) itu mengungkapkan bahwa air susu ibu (ASI) dari ibu menyusui yang divaksin COVID-19 mengandung pasokan antibodi yang signifikan yang dapat membantu melindungi bayinya dari penyakit tersebut.

"Temuan kami menunjukkan bahwa vaksinasi menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam antibodi terhadap SARS-CoV-2 --virus yang menyebabkan COVID-19-- dalam ASI. Hal ini menunjukkan bahwa ibu yang divaksinasi dapat menularkan kekebalan ini kepada bayi mereka," kata Joseph Larkin III, penulis senior studi ini sekaligus profesor di departemen mikrobiologi dan ilmu sel di University of Florida's Institute of Food and Agricultural Sciences (UF/IFAS).

Ketika bayi lahir, sistem kekebalan mereka belum berkembang, sehingga sulit bagi mereka untuk melawan infeksi sendiri. Mereka juga terlalu muda untuk merespon secara memadai terhadap jenis vaksin tertentu, kata Josef Neu, salah satu rekan penulis studi ini sekaligus seorang profesor di divisi neonatologi, departemen pediatri UF College of Medicine.