Gila Gula dan Kebijakan Pengurangan Gula dalam Setiap Makanan Kemasan

By Agnes Angelros Nevio, Senin, 6 September 2021 | 16:00 WIB
Upaya pengurangan gula dalam makanan dan minuman kemasan (SarapulSar38/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim peneliti menciptakan model untuk menyimulasikan dampak kebijakan pengurangan gula terhadap kesehatan dan ekonomi. Upaya pengurangan ini diusulkan oleh Inisiatif Pengurangan Garam dan Gula Nasional AS (NSSRI).

Para peneliti itu berasal dari Massachusetts General Hospital (MGH), Friedman School of Nutrition Science & Policy di Tufts University, Harvard TH Chan School of Public Health dan New York City Department of Health and Mental Hygiene (NYC DOH).

Kemitraan yang beranggotakan lebih dari 100 organisasi kesehatan lokal, negara bagian dan nasional ini diselenggarakan oleh NYC DOH. NSSRI merilis rancangan target pengurangan gula untuk makanan dan minuman kemasan dalam 15 kategori pada 2018. Dan pada Februari lalu, NSSRI membuat kebijakan dengan mendorong beberapa produk secara sukarela berkomitmen untuk memformulasi ulang produk makanan manis mereka secara bertahap.

Tentu saja, penerapan kebijakan ini membutuhkan dukungan pemerintah dalam pemantauan perusahaan saat mereka bekerja menuju target dan melaporkan kemajuan mereka kepada publik. Para peneliti berharap model mereka akan membangun konsensus tentang perlunya kebijakan reformulasi gula nasional di AS.