Temuan Mengejutkan, Bebek di Australia Bisa Berbicara seperti Manusia

By Utomo Priyambodo, Senin, 6 September 2021 | 18:00 WIB
Seekor bebek kesturi di penangkaran Australia diketahui bisa bicara seperti manusia. (Leo/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi terbaru menemukan bahwa bebek-bebek kesturi dewasa yang dibesarkan di penangkaran bisa meniru bunyi dengusan kuda poni, bantingan pintu, batuk seorang pria, dan bahkan suara omongan mantan penjaga di penangkaran. Secara spesifik, studi ini juga menemukan bahwa untuk pertama kalinya, ada seekor bebek di Australia yang diketahui bisa berbicara atau meniru suara manusia.

Bebek lucu yang dimaksud dalam studi tersebut secara spesifik bisa berbicara, "You bloody fool!" Ini adalah sebuah umpatan di Australia yang dalam bahasa Indonesia berarti "Dasar bodoh!"

Sebelumnya hanya diketahui bahwa spesies bebek kesturi di Australia terbiasa belajar membuat bunyi siulan bernada tinggi dari kawanan kawanan mereka yang lebih tua. Ciri khas spesies bebek ini adalah berukuran besar dan berwarna abu-abu. Yang menarik dari temuan terbaru ini adalah bebek-bebek yang dibesarkan di penangkaran dan jauh dari kawanan bebek kesturi lainnya ternyata telah terdengar meniru suara-suara di sekitar mereka yang terkait dengan kehidupan manusia. Bukan sekedar bunyi siulan khas bebek pada umumnya.